HMF

Categories
blog

Memahami Fungsi Mesin Fotocopy Serta Modal Usahanya

Mesin fotocopy besar mungkin sering Anda lihat di tempat percetakan. Salah satu fungsi mesin fotokopi yang merupakan alat canggih adalah untuk memudahkan dalam menyalin dokumen atau buku.  Sampai saat ini, mesin fotokopi hanya dapat digunakan untuk menyalin dokumen dengan cepat dan akurat. Dokumen sekarang dapat dicetak, disalin, dan dipindai menggunakan mesin ini. 

Salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah mengembangkan modal usaha mesin fotocopy. Anda dapat memulai bisnis di dekat tempat kerja, kampus, kantor, dan layanan publik lainnya. Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu mesin fotokopi. Selain fotocopy, mesin ini juga melayani berbagai keperluan.

5 Fungsi Mesin Fotocopy

Berikut beberapa fungsi mesin fotocopy yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya, yaitu:

  1. Fotocopy

Tujuan utama dari mesin fotocopy adalah untuk menggandakan dan menyalin dokumen. Di sisi lain, mesin fotokopi modern juga dilengkapi dengan fungsi untuk penyalinan otomatis, warna dan bolak-balik. Fitur copy mesin fotokopi memudahkan pengguna untuk menyalin beberapa jenis file sekaligus.

  1. Scanning

Mesin fotokopi yang canggih dan modern saat ini memiliki kemampuan ganda sebagai alat pemindai/scanning. Dokumen dipindai selama proses pemindaian dan kemudian diubah menjadi file perangkat lunak. Fungsi pemindaian sekarang tersedia di mesin fotokopi, sehingga memudahkan untuk mengonversi file keras menjadi file perangkat lunak.

  1. MailBox 

Anda juga harus terbiasa dengan fungsi mesin fotocopy sebagai mailbox. Tujuan dari kotak surat ini adalah untuk menyimpan salinan dokumen master. Anda masih dapat mencetak ulang file keras yang disalin meskipun Anda kehilangannya menggunakan memori mesin fotokopi. Pengguna mesin fotokopi memiliki akses ke dokumen pribadi yang disimpan dalam memori mesin fotokopi.

  1. Printer

Menggunakan printer adalah fungsi mesin fotokopi yang perlu Anda ketahui dan sudah ada di alat fotokopi canggih saat ini. Menggunakan mesin fotokopi yang terhubung ke komputer dan mampu mencetak dokumen file perangkat lunak seperti dokumen hard file. Mesin ini dapat mencetak dokumen dari memori komputer, flash disk, atau awan Internet.

Keuntungan memiliki mesin fotokopi yang juga dapat mencetak soft file adalah Anda dapat menyalin dan mencetak dokumen tanpa harus menggunakan dua mesin yang berbeda. Anda dapat menghindari membayar untuk mesin dengan menggunakan mesin fotokopi yang dapat mencetak juga.

  1. Fax

Fax sekarang dapat dikirim atau diterima menggunakan fungsi mesin fotocopy. Mesin fotokopi yang terhubung ke sistem telepon akan digunakan untuk menyalin dan mengirim dokumen. Plus, Anda bisa mendapatkan dokumen yang langsung dicetak dan diarsipkan dalam bentuk hard copy.

Jenis Mesin Fotocopy

Jenis mesin fotocopy yang umum ditampilkan berdasarkan ukuran mesin. Mesin fotokopi dapat dibagi menjadi tiga jenis, termasuk mesin kecil (portabel), ukuran sedang (standar), dan mesin besar.

  1. Mesin Fotocopy Portable

Mesin fotokopi kecil atau biasa disebut portable ini memiliki fitur-fitur seperti mudah dibawa kemana-mana, kecepatan mesin fotokopi ini dalam menyalin 5 sampai 10 lembar/menit, untuk ukuran kertas A4 yang berukuran 210 x 297 mm.

  1. Ukuran Standar

Mesin fotocopy rata-rata atau bisa disebut mesin fotokopi standar memiliki berat ± 70 kg. Untuk kecepatan fotokopi 15 sd 25 lembar/menit, untuk kertas A3 297×420mm dan kertas B4 257×364 mm.

  1. Mesin Besar

Mesin fotokopi besar yang memiliki berat mesin lebih dari 70 kg, kecepatan menyalin minimal 3 lembar / menit. Mesin ini dapat memperbesar dan memperkecil, membuat salinan pada kertas berwarna dan dilengkapi dengan penyortir kartu dokumen otomatis.

Daya Listrik & Harga Mesin Fotocopy

Adapun format kertas yang dapat dicetak adalah format A4 dan A3. Daya listrik yang dibutuhkan untuk mencetak ukuran kertas tersebut yaitu 400 watt dan beratnya sekitar 10 kilogram.

Harga mesin fotocopy berkisar antara Rp 3 juta dari ukuran portable hingga Rp 30 juta lebih untuk kisaran harga mesin berukuran besar. Adapun faktor penentu harga tersebut berdasarkan spesifikasi dan fitur yang melengkapi mesin. 

Modal Usaha Mesin Fotocopy

Membuka usaha fotokopi adalah salah satu dari sekian banyak peluang wirausaha yang tersedia. Apalagi jika Anda berencana untuk membukanya di dekat kampus, sekolah atau ruang kantor yang akan memastikan banyak orang akan mengunjungi lokasi bisnis Anda di mana fotokopi Anda berada.

Berikut tersedia detail modal usaha mesin fotocopy yang dapat Anda rancangkan, namun investasi ini dapat berubah berdasarkan pemilihan mesin dan beberapa aspek lainnya. 

  • Rp 16.000.000 untuk mesin fotokopi
  • Rp 1.500.000 untuk mesin laminating
  • Rp 1.000.000 untuk etalase
  • Menyewa gedung atau lokasi komersial selama satu tahun akan dikenakan biaya Rp 15.000.000. (Jika harus menyewa tempat)
  • Rp 600.000 untuk printer
  • Komputer Rp5.000.000
  • Kursi dan meja Rp 500.000
  • Modal untuk persediaan perlengkapan kantor adalah Rp 3.000.000.
  • Mesin pemotong kertas 750.000
  • Biaya operasional (listrik, gaji karyawan bila ada) berkisar Rp 1.500.000

Bila dihitung secara keseluruhan, maka total biaya yang dikeluarkan yaitu Rp 44.850.000. Anda dapat menyesuaikan budget modal berdasarkan kemampuan dan kebutuhan usaha. Semoga bermanfaat.